Blog

STUDENTSITE

Minggu, 31 Oktober 2010 - - 0 Comments

Studensite merupakan salah satu layanan yang diberikan Universitas Gunadarma kepada mahasiswa. Studentsite adalah suatu fasilitas berbasis web yang hanya khusus bagi mahasiswa universitas gunadarma yang masih aktif. Dengan mengakses fasilitas ini, mahasiswa universitas gunadarma dapat berinteraksi dan saling mendapatkan informasi.
Selain mendapatkan informasi, mahasiswa juga dapat berita-berita terkini tentang universitas gunadarma, yang dimuat di situs resmi universitas gunadarma, dan di studentsite juga memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan. yaitu : BAAk, yaitu locker yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi, locker ini juga menyimpan berbagai pesan dosen (lecture message), selain baak, fitur lain yaitu ADDRESS BOOK, yang dapat dimanfaatkan untuk mengolah alamat email teman dari mahasiswa yang bersangkutan, fitur lain yang dapat dimanfaatkan CALENDER yang bermanfaat untuk mengatur jadwal mahasiswa setiap harinya. Selain itu FILE MANAGER memudahkan mahasiswa untuk menyimpan dan mengola file-file yang dimiliki. Tidak kalah penting studentsite juga memiliki fitur yang menjadi daya tarik bagi mahasiswa, yaitu FORUM dengan memanfaatkan fitur ini mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekan yang dikenal dalam suatu topik, peristiwa yang terjadi. Sedangkan fitur BOOKMARK adalah fitur-fitur yang juga harus mahasiswa manfaatkan , karena fitur ini berguna untuk mencari informasi melalui internet, karena dengan fitur ini mahasiswa dapat menyimpan URL disitus yang menurutnya favorit untuk dijadikannya referensi dikemudian hari. Melalui Studentsite mahasiswa dapat mengakses segala macam yang ada di Universitas Gunadarma seperti :
1. Lecture Messages : Pada lecture messages mahasiswa dapet melihat tugas-tugas yang diberikan kepada dosen untuk mahasiswa. Jadi, mahasiswa pun akan menjadi lebih praktis.
2. Rangkuman Nilai : mahasiswa dapat melihat nilai – nilai yang dia peroleh selama perkuliahan. Dan menjadikan acuan untuk kemudian hari.
3. Jadwal Kuliah : mahasiswa dapat melihat jadwal kuliah, waktu kuliah, ruangan kuliah dalam 1 semester.
4. Jadwal ujian : mahasiswa dapat mengetahui jadwal yang akan di ujiankan, juga dapat mengetahui waktu dan ruang ujian.
5. Info Seminar : mahasiswa dapat mengetahui apakah ada seminar atau tidak. Mahasiswa pun dapat mengikuti seminar tersebut dengan cara mendaftar seminar.
6. Tulisan (UG Portfolio) : melalui tulisan, mahasiswa dapat menyumbangkan opini, cerita, tips-tips dan lain-lain. Sebagai alat bantu agar mahasiswa dapat menambah dan memperluas wawasan. Namun perlu diperhatikan agar tulisan yang dibuat mahasiwa tidak menjiplak karya orang lain (plagiarisme). Tulisan yang di posting oleh mahasiswa dapat di akses oleh semua orang mealui wartawarga.
7. Tugas (UG Portfolio) : melalui tugas, mahasiswa dapat mengupload tugas yang diberikan oleh dosen, sehingga tugas kita dapat dibaca oleh dosen yang bersangkutan.
8. Warta warga : melalui studentsite mahasiswa juga dapat mengakses wartawarga yang berisi berita, cerita, tips, dan lain-lain yang di buat oleh mahasiswa lain..

Studentsite juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :
1. Terdapat beberapa mahasiswa yang sulit dalam melakukan registrasi studentsite. Terdapat beberapa diantaranya yang mengalami kesalahan pada tanggal lahir sehingga mahasiswa tersebut sukar untuk melakukan aktifasi.
2. Terkadang informasi yang ada sudah kadaluarsa. Seperti tugas yang pernah ada di lecture message itu ternyata adalah tugas untuk mahasiswa angkatan 2009.
3. Terkadang tidak bisa di akses webnya. Hal itu di karenakan terlalu banyak mahasiswa yang mengakses studentsite.

Pada intinya studentsite memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Karena mahasiswa cukup mengakses studentsite untuk mengetahui berbagai macam informasi yang ada. Demikian opini dan pendapat saya mengenai layanan – layanan yang diberikan oleh Universitas Gunadarma untuk para mahasiswa.
Menurut saya, sebuah web server biasa yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan,diantaranya kelebihan dari studentsite ini adalah :
1. Dapat memberitahu dengan cepat kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi tentang beberapa pengumuman yang bersifat penting/mendadak
2. Dapat mengakses beberapa halaman yang terhubung dengan website utama universitas gunadarma tanpa bersusah payah.
3. Multifungsi,bisa menjadi email client,blog pribadi,atau sekedar menjadi tempat mengetahui beberapa pengumuman penting.
4. Layanan yang diberikan pun banyak membantu mahasiswa dalam akademik.
ocw.gunadarma.ac.id
wartawarga.gunadarma.ac.id
v-class.gunadarma.ac.id
baak.gunadarma.ac.id

This entry was posted on 06.36 You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: